Search

Sabtu, 17 Maret 2012

3Hari2Malam

Kali ini, aku akan bercerita tentang liburan kami di Tayan tepatnya Aku dan teman baik aku Teguh. Kita berdua berangkat dari Pontianak pada hari Senin, 5 Maret 2012 dan kita pulang ke Pontianak pada hari Rabu, 7 Maret 2012. Banyak sekali cerita seru, lucu dan intinya Fantastic. Aku berangkat dari rumah jam 7:00 pagi dan langsung jemput Teguh dan 30 menit kemudian aku sampai di rumah Teguh, lalu kami bernagkat jam 7:30 dan Teguh yang bawa motor. Sekitar 1 jam-an kita sudah berada di tengah antara Pontianak dan Tayan, di sepanjang jalan kami banyak melihat panorama yang sangat indah yang membuat mata kami bersinar-sinar dan terpukau dengan keindahan itu. Mulai dari jalannya yang bagus dan banyak tikungan itu luar biasa dan hutan-hutan yang masih alami dan hijau semua, dan gunung pun sangat indah dan luar biasa banyak sekali gunung, dan ada gunung yang sampe kea wan tingginya. Akhirnya kami sampai juga di Tayan sekitar jam 10:30-an, dan teman kami dari Tayan dan dia merupakan penduduk asli Tayan dan dia menjemput kami di Pasar Tayan dan nama dia adalah Nanda (Bengkek). Kami pun beristirahat dan tinggal di rumah Nanda, dia dan Ibunya sangat baik sekali. Senang kami jadinya bisa tinggal di rumah dia dalam 3 hari 2 malam. Sesampai di rumah nanda dan beristirahat sekitar 10 menitan teman baik aku datang, dia juga asli orang Tayan namanya Lizza, dia teman baik aku dan teman menggila juga. Aku senang melihat dia sudah hampir 3 tahun aku tak bertemu Zaa, wkwkwwkwkwkw. Abis itu kita pun bercanda gurau satu dengan yang lainnya, pokoknya letih kami pun tak terasa, hehehehehe. Setelah beristirahat sekitar 30 menitan dan sudah makan, kami pun berangkat ke rumah Zaa jemput dia lalu kami-kami pergi ke Keraton Tayan, kata orang pendudk di situ? Kalau kita belum pergi ke Keraton Tayan berarti kita belumsampai di Tayan, itu kata orang di sana. Setelah dari Keraton Tayan, kami pun pergi ke Pasar Tayan buat nyewa Speed Boat untuk mengelilingi pulau Tayan yang berada di tengah laut. Biaya nya yaaaa lumayan mahal 55rb, yaaa namanya juga pake bensin yaa mahal donk.

Kami mengelilingi Pulau Tayan sekitar 20 menit-an, dangan menggunakan Speed Boat, uhhhh seru banget, pemandangan yang luar biasa dan sungai yang air nya sangat tinggi dan Speed Boat yang mantul-mantul di karenakan gelombang. Itu sangat seru dan sangat memukau kami semua. Setelah bermain dengan Speed Boat kami langsung menuju ke Bukit Hujan Emas (Pembangunan Jembatan Tayan) di sana sangat indah sekali pemandangannya, kalau kita sudah ada di puncak. Jarak tempuh dari rumah nanda ke Bukit itu sekitar 5 menit-an dan mendaki Bukit itu memakan waktu sekitar 20 menita-an. Di atas Bukit terlihat semua pulau tayan dan rumah-rumah penduduk Tayan, tapi hari pertama naik Bukit itu tidak lama, dikarenakan hujan turun jadi kami semua pulang basah kuyup ditambah ban motor aku bocor, uuhhhhh kesal sekali, tapi senang juga. Setelah turun dari Bukit kita semua langsung mandi ke Sungai dalam Tayan, air sangat tinggi dan sejuk sekali di karenakan hujan yang sangat lebat. Sekitar 30 menit-an kita mandi, kita pun langsung pulang beristirahat dan menghangatkan diri di rumah. Tapi walaupun hujan aku dan teguh di rumah nanda membuat Jus Pepaya, udahlah sejuk eehhh malah buat Jus, sebenarnya kan buat teh atau kopi ataupun susu, ini Jus yang di buat. Tapi asik juga kok minum Jus sambil ngumpul bareng dan bercanda bareng.

Malam pun sangat sejuk sekali di Tayan, kami pun santai di depan tersa rumah bertiga sambil ngomong-ngomong gitu. Lalu nanda mengajak aku dan teguh keluar membeli telur untuk di masak dengan mie, kami pun keluar jalan kaki malam-malam. Yah cukup menyenangkan walupun telurnya tidak di makan sampai aku dan teguh pulang ke Pontianak. Waktu pun menunjukkan pukul 11:00 P.M, kami semua tidur dan ke esokan harinya kami bangun dan langsung pergi ke pasar tayan sekitar jam 08:00 A.M, kami membeli ikan tongkol, hitam, tahu, jeruk, sawi, tempe, toge, cabe, saos, rujak dan ubi. Sampai dirumah kami semua makan pagi dulu, menu kami ya Rujak. Setelah makan pagi kami semua pergi kedapur dan membersihkan ikan tongkol, sawi, toge, dll. Setelah ikan nya bersih kami pun membakar ikan tongkol itu, aku yang membakar ikan, nanda yang masak sayur dan tempe tahu dan teguh membuat saos untuk ikan bakar sambil merekam video. Ikan bakar pun selesai dan semua sayuran sudah siap untuk di makan, makan siang pun tiba. Setelah selesai makan kami bertiga pergi kerumah Lizza dan jalan-jalan ke Dermaga PTP dan naik Bukit Hujan Emas lagi. Sampai di Dermaga, sungainya sangat tenang dan di sekelilig kami semua pohon kelapa sawit dan kapal tengki dan sambil makan kerupuk makaroni. Sekitar 30 menit-an kami di Dermaga, setelah itu kami semua menuju ke Bukit Hujan Emas lagi, di sana kita berlama-lamaan sambil makan kerupuk macaroni dan memanjat sampai ke atas bukit dan di atas semua kelihatan pulau Tayan dan pemukiman penduduk Tayan. Kali ini tidak hujan melainkan panas tetapi sangat sejuk di atas Bukit. Kurang lebih 1 jam kami di Bukit lalu kita pulang dan mandi ke sungai lagi, tapi di tambah satu lagi kita main sampan juga di sana. Sangat mengasikkan main sampan dan yang menjadi tukang kayuhnya sih Teguh. Kita menggayuh entah kemana-mana tapi asik sekali, kita semua berada tepat di tengah sungai Tayan. Sangat asik sekali dan kami semua gerah akhirnya kami pun mandi dan bekubang di sungai sampai tangan kami semua keriputan dan muka pun ikut keriput, hahaahahahaha kidding.

Malam pun datang, dan saat itu di Tayan malamnya sangat indah sekelai dengan Bulan yang terang dan bintang-bintang yang terang suasana yang sejuk dan damai. Kita pun pergi ke rumah Lizza kita semua bercanda gurau lalu kita pergi ke Pantai Bintang, di sana banyak sekali bintang yang terkihat sangat terang, dan kita pun bernyayi di sana. Sekitar 20 menit-an kita di Pantai Bintang, kita semua pulang kerumah Lizza dan kita goring ubi di sana. Kita pun menghabisakan banyak waktu di rumah Lizza dan kita bertiga pulang ke rumah Nanda sekitar jam 11:30 P.M dan kita masih menonton video yang kita rekam dan akan di edit menjadi sebuah video yang bagus. Malam pun semakin larut kita bertiga masuk kamar dan tidur. Pagi pun tiba aku dan teguh mebereskan barang-barang kami dan setelah itu kita berempat pergi makan pagi keluar. Makan pagi saat itu adlah nasi kuning ala Tayan, setelah selesai makan kami pun mengantar Lizza pulang dan pamitan dengan Lizza karena aku dan teguh harus pulang ke Pontianak, setelah itu pamitan dengan Nanda dan juga Ibunya, sangat sedih sekali meninggal kan Nanda dan Ibunya mereka sangat baik sekali kami berdua merasa enak tinggal di sana dalam beberapa hari. Kami pun pulang sekitar jam 10:30 A.M dan sampai di Pontianak sekitar jam 12:00 P.M. mungkin suatu hari nanti aku dan teguh akan ke Tayan lagi suatu hari nanti. Tayan sangat asik bagi aku dan sangat nyaman sekali. Terimakasih buat Nanda dan juga Ibunya beribu-ribu terimakasih aku dan teguh ucapkan atas kebaikan kalian. Sampai jumpa lagi Tayan….. Bye…. Bye….